Langsung ke konten utama

Sejarah Norton Ghost



Mungkin beberapa dari kalangan yang menjajaki dunia IT sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini. Software ini berfungsi untuk membackup dan merestore sitem operasi maupun data yang ada dalam sebuah partisi di dalam harddisk dengan cepat. Kali ini saya akan membagi informasi mengenai sejarah tentang Norton Ghost.

Ada beberapa versi dari Norton Ghost yang dibuat dan di perbaharui hingga sekarang yakni:
1.      Ghost 3.1
Versi pertama ghost ini hanya mendukung kloning dari seluruh disk, akan tetapi versi 3.1 di tahun 1997 menyediakan kloning partisi sendiri. Ghost dapat meng-klon disk atau partisi ke disk lainnya atau partisi ke file image. Ghost juga mengizinkan untuk menulis sebuah klon atau image ke disk kedua di mesin yang sama, dan mesin lainnya terhubung sejajar dengan kabel jaringan, jaringan drive,  atau ke pita drive.

2.      Ghost 4.0 dan 4.1
Ghost versi 4.0 menambahkan multicast teknologi, mencontoh dari saingannya, ImageCast. Multicasting menyediakan fasilitas mengirimkan sebuah backup image serempak ke mesin lain tanpa meletakkan lebih besar tekanan di jaringan daripada dengan mengirimkan image ke mesin tunggal. Versi ini juga memperkenalkan Ghost Explorer , sebuah Windows program yang mengizinkan pengguna mencari muatan file image dan ekstrak file sendiri. Explorer kemudian meningkatkan pengizinan kepada pengguna untuk menambahkan dan menghapus file di FAT, kemudian di ext2, ext3 dan NTFS file sistem di image. Hingga 2007, Ghost Explorer dapat mengekstrak file dari NTFS image tetapi tidak mengubah NTFS image. Ghost Explorer dapat bekerja dengan image dari versi lebih lama tetapi kendalanya hanya lambat. Versi 4 berisi image indeks untuk menemukan file dengan cepat. Versi 4.0 juga memindahkan dari real-mode DOS ke 286 protected-mode. Memori tambahan yang tersedia mengizinkan Ghost menyediakan beberapa tingkat kompresi untuk image,  dan menyediakan browser file. Di 1998, Ghost 4.1 mengizinkan untuk password-protected image (perlindungan file image menggunakan password).

3.      Ghost 5.0
Versi 5.0 berpindah ke 386 protect-mode. Tidak seperti character-based pengguna antar muka dari versi terdahulu 5.0 menggunakan GUI. Logo riset biner, dua bintang berputar saling mengelilingi, pengguna berada di main screen ketika program tidak dijalankan. Di 1998 Gdisk, berdasarkan naskah pengaturan partisi, diintegrasikan di Ghost. Gdisk melayani peranan mirip ke Fdisk,  tetapi kemampuannya telah lebih besar.

4.      Ghost 6.0 (Ghost 2001)
Ghost 6.0 termasuk aplikasi Console di tahun 2000 untuk menyederhanakan pengaturan besar jumlah mesin. Aplikasi Console  berkomunikasi dengan perangkat lunak klien di  komputer manajemen untuk mengizinkan administrator sistem me-refresh disk mesin sedikit. Sebagai basic DOS program, Ghost memerlukan mesin running windows ke booting ke DOS. Ghost 6.0 memerlukan sebuah pemisah partisi DOS bila menggunakan  aplikasi Console.

5.      Ghost 7.0 (Ghost 2002)
Dirilis pada 31 Maret 2001 versi Norton Ghost 7.0 (retail) di pasaran di kenal sebagai Norton Ghost 2002 edisi pribadi.

6.      Ghost 7.5
Dirilis pada 14 Desember 2001,  Ghost 7.5 di 2002 menciptakan “Virtual Partisi” malahan sebuah DOS Virtual Partisi ada sebagai file dalam windows normal file sistem. Dengan ini mengurangi kinerja manajemen sistem karena pengguna tidak lebih panjang mengatur tabel partisi mereka sendiri. Ghost 7.5 juga dapat menulis image ke CD-R drive dan versi ini nanti dapat juga menulis ke DVD.

7.      Symantec Ghost 8.0
Ghost 8.0 termasuk standalone bisa dieksekusi (filename: ghost32.exe). Itu menjalankan secara langsung dari windows, tanpa perlu ke booting. Ini sangat sesuai untuk penempatan di bootable media, seperti BartPE's bootable CD. Bersama-sama perusahaan dengan dukungan edisi Unicast, Multicast dan peer-to-peer dikiirimkan melalui TCP/IP. Ghost 8.0 juga menyediakan image untuk disimpan di,  atau membaca dari NTFS file sistem, meskipun NTFS tidak biasanya dapat diakses dari DOS program.



8.      Norton Ghost 2003
Norton Ghost 2003, edisi konsumen ghost, dirilis pada 6 September 2002. Tersedia sebagai suatu produk bebas, Norton Ghost 2003 juga termasuk sebagai bagian dari Norton SystemWork 2003 Profesional. Sederhananya, berbeda perusahaan dengan versi Ghost, Norton Ghost 2003 tidak termasuk aplikasi Console tetapi memiliki Windows front-end ke naskah operasi Ghost dan menciptakan bootable CD Ghost (pihak ketiga CD burning software dapat digunakan untuk membuat bootable CD Ghost berdasarkan pada bootable disket Ghost). Mesin masih memerlukan reboot ke Virtual Partisi,  tetapi pengguna tidak saling berhubungan dengan DOS. Symantec memprotes dukungan LiveUpdate untuk Norton Ghost 2003 di awal tahun 2006.

9.      Symantec Ghost Solution Suite 1.0 (Ghost 8.2)
Di tahun 2004, Symantec berubah nama versi Enterprise dari Ghost ke Symantec Ghost Solution Suite 1.0. Ini membantu menjelaskan perbedaan diantara konsumen dan baris bisnis dari produknya. Selanjutnya produk ini ditegaskan di bulan Februari 2006, dengan mengeluarkan Norton Save And Restore ( beberapa pasaran memberi nama Norton Backup And Restore), sebuah aplikasi backup standalone berdasarkan yang ada di Ghost 10.0. Dirilis pada 14 November 2004.

10.  Symantec Ghost Solution Suite 1.1 (Ghost 8.3)
Sederetan eceran Ghost 1.1 dirilis bulan Desember 2005. Beberapa dari fitur baru termasuk kemampuan membuat file image yang lebih besar dari 2 GB (di Ghost 8.2 atau versi terdahulu, demikian file image secara otomatis membelah jadi dua atau banyak bagian, sehingga setiap bagian punya ukuran maksimum 2 GB), banyak alat-alat manufaktur lengkap,  dan kemampuan membuat universal boot disk. Sederetan eceran Ghost bendel update versi Ghost, Symantec Client Migration ( data pengguna dan penyesuaian alat hijrah) dan bekas PowerQuest sama, DeployCenter (menggunakan pqi image).

11.  Norton Ghost 9.0 (termasuk Ghost 2003)
Ghost 9.0 dikeluarkan pada 2 Agustus 2004. Dengan signifikan bergeser ke dalam lini produk konsumen dari Ghost 2003, di beberapa lini:
·         Menggunakan secara total berbeda basic kode, berdasarkan DriveImage/V2i Protector melalui produk Symantec's pengadaan PowerQuest.
·         Produk utama aplikasi Windows-based yang harus menginstall di sistem sasaran.
·         Image sistem dapat membuat sementara Windows running, daripada hanya ketika booting secara langsung ke DOS-mode Ghost.
·         Mendukung Incremental image (berisi hanya merubah sejak image lalu).
·         Aplikasi Windows memerlukan penggerak produk untuk fungsi secara penuh.
·         Area Bootable di CD Ghost 9 hanya berguna untuk pemulihan membackup. Ini tidak bisa digunakan untuk membuat image baru.

12.  Norton Ghost 10.0
Mendukung media CDR/RW dan DVD+-R/RW drive, USB dan FireWire (IEEE 1394 device,  dan Iomega Zip dan Jaz drive. Mengaktifkan enkripsi dari backup dan dukungan untuk Maxtor eksternal drive dengan tombol Maxtor OneTouch. Ghost Versi 10.0 ini kompatibel dengan perbaikan sebelumnya,  tetapi tidak dengan perbaikan di masa yang akan datang.

13.  Norton Save And Restore 1.0 (Ghost 10.0)
Norton Save And Restore 1.0 dirilis Februari 2006, berubah nama dari versi konsumen Ghost. Sistem ini menggunakan mesin Ghost 10.0 dengan tambahan fitur membackup dan me-restore file sendiri.

14.  Symantec Ghost Solution Suite 2.0 (Ghost 11.0)
Ghost Solution Suite 2.0 dirilis pada bulan November 2006. Versi ini menyediakan perbaikan  signifikan di penampilan, sebaik kemampuan mengubah NTFS image. Versi ini juga membantu mendukung untuk Windows Vista, x64 versi windows,  dan GUID Partition Table (GPT)-based disket (meskipun perangkat lunak belum secara penuh mendukung sistem dengan Extensible FirmWare Interfaces (EFI)-compliant firmware). Running LiveUpdate dari Ghost Explorer akan memperbarui Ghost ke 11.0.2.1573. Ghost 11.0 mendukung ekstensi image Save And Restore : *.GHO, *.GHS, *.IMG, *RAW.

15.  Norton Ghost 12.0
Ghost 12.0 termasuk dukungan Windows Vista dengan meng-update dan banyak pengguna cermat antar muka. Ini mengizinkan untuk sistem penuh membackup satu dimana file sendiri atau folder dapat memilih kembali atas. Versi ini juga menyediakan fitur “LightsOut Restore”. Yakni mengembalikan sistem dengan on-disk di area software pemulihan, dengan demikian mengizinkan pemulihan tanpa bootable CD. Ketika komputer boot-up, layar akan meminta  drive mana yang akan booting, drive umum,  atau lightsout mengembalikan Virtual drive. LightsOut Restore akan memperbesar ISO disk, yang datang dengan Ghost program, yang akan diburning ke CD. Update terakhir untuk program itu adalah 12.0.5.29804.

16.  Norton Ghost 14.0
Versi 14.0 mempertahankan fitur versi 12.0, dengan kemampuan membuat Volume Snapshot Service (VSS) membackup dan pilihan membuat remote membackup ke situs FTP sebagai pilihan penyimpanan lainnya. Ghost juga daya pengungkit data dari ThreatCon, yang memonitor kegiatan malware di seluruh dunia,  dan melakukan Incremental backup bila ancaman ditemui. Akan tetapi, fungsi ini hanya ketika terhubung ke internet, ini tidak akan melawan penyerang ke beberapa lokal.

17.  Symantec Ghost Solution Suite 2.5
Ini adalah versi sofware Enterprise, dan termasuk Ghost 11.5. Ini dirilis pada bulan Mei 2008. Fitur baru termasuk DeployAnywhere, Hot Imaging, support logical volume, mengatur image tambahan,  dan sistem operasi PreOS terbaru (boot disk). Sampai 6 Januari 2010, pembaharuan terakhir 11.5.1.2266 (Live Update 5 (LU5)). Pembaharuan ini menyediakan dukungan untuk Windows 7 dan 2008 R2. Selanjutnya Ghost 11.5 kompatibel dengan Bartpe's bootable CD menggunakan PE Builder plug-in untuk Symantec Ghost 11. Ghost 11.5 mendukung ekstensi untuk menyimpan image: *.GHO, *.GHS, *.VMDK. Dan me-restore dengan ekstensi file image: *.GHO, *.GHS, *.VMDK, *.V2I, *.IV2I, *.PQI.

18.  Norton Ghost 15.0
Ghost di update pada bulan November 2009 ke v15.0.0.35659. Menurut penuntun di situs Symantec's, berikut keistimewaan tersedia di Ghost 15:
Norton Ghost sekarang meliputi dukungan untuk platform virtual berikut:
·         VMware ESX 3.5i dan 4.0i 
·         VMware ESX 3,5 dan 4,0
Norton Ghost sekarang mendukung untuk platform berikut :
·         Windows 7 (all editions) 
·         Windows Vista dengan SP2 (termasuk Home Basic, Home Premium, Bisnis-Retail, dan Ultimate)
·         Kalian sekarang dapat membuat pemulihan independen yang menggunakan Back Up My Computer di fitur  Symantec Recovery Disk. Kadang-kadang dikenal sebagai cadangan dingin atau offline backup. Kalian dapat membuat titik pemulihan sebuah partisi tanpa perlu menginstal Norton Ghost. 


Jika anda ingin software Norton Ghost 15.0 klik disini! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Chapter 1 ) Be Blues! - Ao ni Nare Manga

Author : Tanaka Motoyuki Genre: Shounen ,  Drama ,  Romance ,  School life ,  Sports ,  Tragedy Ryu Ichijou? is  a young boy who dreams of becoming Japan's representative of soccer. Along with his friends, the twins Yuuto and Yuki, he first aims to win a the little league national competition. The manga begins with little league soccer, and progresses into the high school version of the sport. The manga won the Shogakukan Manga Award for Best Shonen Manga at the 60th Shogakukan Manga Awards. Ryu Ichijou, seorang anak lelaki yang bermimpi menjadi pemain timnas Jepang. Bersama temannya Yuuto dan Yuki, pertama ia bertujuan untuk menang dalam kompetisi liga bola muda nasional. Jalan cerita bermula dengan liga bola anak-anak dan berlanjut ke liga bola tingkat SMA. Komik ini memenangkan penghargaan Best Shonen Manga di ajang Shogakukan Manga ke-60. Jangan lupa beli komik aslinya di toko buku terdekat! Jangan lupa beli komik aslinya di toko buku terdekat! Jangan lupa beli komik aslinya di

Biantara Ngaronjatkeun Kareueus Nonoman Kana Basa sunda

           Assalamu’aikum wr.wb.            Hadirin anu sami-sami linggih,         Kersaning gusti Nu Maha Suci, urang sadayana tiasa patepung lawung paamprok jonghokdina ieu acara. Mugi ieu acara téh lungsur-langsar kalayan tiasa kahontal sagala anu dipimaksadd. Amin         Ngadegna sim kuring dina dangeut ieu payuneun parasepuh miwah paratamu anu sami rawuh, taya sanés seja ngiring jabung tumalapung sabda kumapalang.         Kitu oge bari jeung digédéng ku kendang gedé pakauman, dag-dig-dug rasaning ati, rumasa sim kuring mah taya kabisa, sanggem paripaos téa mah étang-étang lauk buruk milu mijah. Boa catur gé nu tanpa bukur, ngalantur teu puguh alang ujurna taya pulunganeunnana.

Sisindiran

Johan                          : Keur naon Pi, sorangan wae ? Yopi                           : Eh Johan, keur ngadaweung wé, puguh karek balik ti sakola. Johan                          : Yopi, tadi di sakola urang diajar sisindiran, resep . . . téh. Yopi                           : Sisindiran téh nu kumaha téa? Johan                           : Na teu apal kitu ? Yopi                            : Nyaéta henteu matak nanyakeun gé. Cing béjaan nu kumaha sisindiran téh? Kang Wawan             : Keur naraon mani uplek kitu sigana téh? Yopi                           : Eh Akang, ieu si Johan, cenah rék sisindiran. Cing kumaha Han, kuring haying nyaho?